Adalah suatu proses dimana seseorang mempengaruhi perilaku orang lain yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu.
Apakah Leadership begitu penting buat seorang pimpinan agar menjadi effektif ?
- Ya, seseorang yang bertugas disetiap unit organisasi harus memiliki leadership guna mencapai suatu tujuan organisasi.
- Kepemimpinan merupakan inti dari kemampuan manajerial yang membuat organisasi lebih effektif.
- Kualitas kepemimpinan seseorang tidak dapat dinilai dengan performa administrative suatu unit kerja.
- Effektivitas Leadership didasarkan pada kombinasi karakteristik, keahlihan manajerial, Perilaku seseorang dan situasi tertentu.
Karakteristik Seorang Leadership :
- Percaya Diri
Leader harus mempunyai rasa percaya diri akan kemampuan & keyakinan dalam menghadapi tantangan, problem yang ada didalam posisi sebagai Leader, Leader harus memberi contoh ! - Inisiatif
Pemimpin merupakan seorang yang dapat mengambil inisiatif.
Pemimpin menerima baik perubahan dan menciptakan perubahan. - Energi
Seorang leader biasanya memiliki tingkat energi yang tinggi.
Pemimpin harus mengatur begitu banyak kegiatan dan hubungan antar orang, ini membutuhkan banyak sekali energi. Seorang yang sangat energi dianggap oleh yang lain sebagai orang yang antusias dan bermotivasi tinggi. - Kreativitas
Pemimpin membutuhkan kreativitas dan Imaginasi.
Suatu organisasi selalu mengharapkan kepada pimpinannya penyelesaian terhadap suatu masalah maupun tantangan yang membutuhkan kreativitas dan pendekatan baru. - Kematangan
Seorang Pimpinan seharusnya lebih tertarik akan kebaikan organisasi dan pengembangan orang daripada kepentingan sendiri atau dominasi terhadap orang lain.